Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. ----Selamat datang di Blog resmi Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Cabang Masohi.,

Rabu, 01 Agustus 2012

Pengantar Alih Tugas Hakim PA Masohi

Masohi | www.pa-masohi.go.id
Jumat (27/07/2012), PA Masohi menggelar acara perpisahan sekaligus pelepasan  Amran Abbas, S. Ag, hakim PA Masohi yang dimutasikan ke Pengadilan Agama Kelas 1B Ternate. Acara dilaksanakan secara sederhana berbarengan dengan acara arisan keluarga yang rutin dilaksanakan setiap bulan dan diikuti oleh semua keluarga besar PA Masohi.
Pada awalnya sebelum menginjakan kaki ke tanah Maluku, saya menilai bahwa masyarakat Maluku adalah masyarakat yang memiliki sifat dan karakter keras apalagi dengan adanya konflik sosial. Tetapi setelah saya sampai ke Masohi dan bertugas selama tiga tahun, hal tersebut tidak saya temui, tutur Amran Abbas, S. Ag dalam pesan dan kesan yang beliau sampaikan.


Sebaliknya di Maluku saya menemukan kehidupan kesukuan di zaman Rasullullah terlihat jelas, dimana orang asing bisa dianggap saudara dan dibela jika diganggu oleh orang-orang yang berniat buruk, tambah broer amran (sapaan beliau) dengan wajah terharu. Oleh karena itu kalian semua adalah sahabat terbaik yang saya miliki karena sudah menerima saya sebagai saudara padahal diantara kita tidak pernah ada hubungan darah.

Pesan dan kesan juga diberikan oleh Ibrahim Ahmad Harun S. Ag, rekan hakim yang merupakan sahabat broer amran sejak pendidikan Cakim sampai akhirnya sama-sama mendapatkan SK Hakim di PA Masohi.
Semenjak mengenal broer, banyak yang saya pelajari, walau kadang dalam berkomunikasi penyampaian beliau kadang tidak sesuai dengan keinginan kita tetapi maksud beliau adalah baik, ungkap pak Baim (sapaan beliau).
Lebih lanjut beliau mencontohkan kejadian yang yang biasa dilihat seperti saat para Jurusita Pengganti atau Panitera Pengganti kena marah saat relaas dan BAP mereka diperiksa oleh broer tetapi semua itu bertujuan baik.
Kita sengaja membuat tema acara ini adalah “pengantar tugas” bukan pelepasan atau perpisahan karena pelepasan dan perpisahan mengandung makna tidak akan berjumpa lagi padahal sebagai hakim, suatu saat pasti bertemu lagi dengan keadaan yang berbeda pula, ucap KPA Masohi Drs. Mursidin, MH.
Saat ini mutasi yang dilakukan oleh Badilag MA-RI bertujuan sebagai promosi dan penyegaran, hal ini erat kaitannya dengan kinerja dari yang bersangkutan, ungkap KPA Masohi. Lebih lanjut beliau katakan bahwa broer amran dipindahkan dari PA Masohi klas II ke PA Ternate klas IB merupakan contoh promosi.
Sebagai hakim, kita siap ditempatkan dimanapun, oleh karena itu kita harus memegang falsafah, dimanapun kita bertugas maka keluarga besar Pengadilan Agama adalah keluarga kita di tempat tugas, tandas KPA Masohi.
Acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama, sholat magrib berjamaah, makan malam bersama dan diakhiri dengan sholat tarawih berjamaah. Ucapan perpisahan dengan saling berpelukan dan berjabat tangan merupakan saat yang mengharukan bagi keluarga besar PA Masohi. Semoga di tempat tugas yang baru broer amran dapat mengabdikan diri dengan lebih baik. (Rosita Pelu/Tim TI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar