Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. ----Selamat datang di Blog resmi Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Cabang Masohi.,

Jumat, 10 Agustus 2012

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Wakil Ketua PA Masohi

Setelah jabatan Wakil Ketua PA Masohi mengalami kekosongan selama hampir satu tahun akhirnya jabatan tersebut terisi sudah. Jumat kemarin (7/9/2012,) digelar sidang istimewa pengambilan sumpah dan pelantikan Drs. Rahmat sebagai Wakil Ketua PA Masohi. Acara dilaksanakan di ruang sidang PA Masohi yang sering difungsikan sebagai aula, dihadiri oleh semua unsur pimpinan dan pegawai PA Masohi. Tampak di barisan tempat duduk paling depan adalah beberapa Hakim PN Masohi dan Pansek PN Masohi sebagai undangan dalam acara ini. Mantan Ketua PA Masohi Drs. Moh. Ashri, MH (sekarang menjabat sebagai Hakim PA Ambon) dan mantan Pansek PA Masohi Drs. Husein Kumkello (saat ini menjabat sebagai Pansek PA Ambon), sengaja menyempatkan waktu untuk menghadiri acara ini.
Pengambilan sumpah dan pelantikan Wakil Ketua dilakukan oleh KPA Masohi Drs. Mursidin, MH disaksikan oleh dua orang saksi dan rohaniwan yang merupakan perwakilan dari Kementrian Agama Maluku Tengah, masing-masing adalah Drs. Sulaiman Parry, Drs. Marwan Tuanaya dan Anwar Wairumaratu, S.Ag. Acara berlangsung secara khidmat karena dilakukan melalui sidang istemewa.
Setelah dilantik maka secara otomatis saya memiliki tanggung jawab moril yang sangat besar kepada seluruh keluarga besar PA Masohi karena menjadi unsur pimpinan dalam era reformasi birokrasi dewasa ini bukanlah pekerjaan gampang. Untuk itu saya meminta bantuan dari semua pihak agar saya dapat melaksanakan tanggung jawab saya dengan lancar, ucap Drs Rahmat dengan rendah hati dalam sambutannya sesaat setelah beliau dilantik sebagai Waka PA Masohi.
Beliau juga mengharapkan agar keakraban yang pernah terjalin sebelumnya dengan KPA Masohi dapat dibina sehingga Ketua dan Wakil Ketua dapat bekerja sama dalam meuwujudkan visi dan misi Mahkamah Agung maupun visi dan misi  Badilag.
Setelah menjalani tugas sebagai hakim di Maluku sejak tahun 1994, untuk pertama kalinya Drs Rahmat dilantik sebagai Wakil Ketua dan untuk pertama kalinya beliau menginjakan kaki di Masohi yang merupakan Kota Kabupaten Maluku tengah. Diakhir sambutannya beliau mengatakan bahwa sebagai Wakil Ketua PA Masohi maka beliau akan berusaha untuk memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan di PA Masohi.
Walaupun Wakil Ketua telah menjalani masa tugas yang cukup lama di Maluku tetapi di Masohi beliau juga butuh beradaptasi dengan karakter dan budaya masyarakat Masohi yang agak sedikit berbeda untuk itu KPA Masohi mengharapkan agar keluarga besar PA Masohi dapat memberikan dukungan moril kepada wakil ketua yang baru dilantik.
Dalam kaitannya dengan pelantikan, KPA Masohi mengatakan bahwa dengan dilantiknya Wakil Ketua PA Masohi maka ada beberapa tugas dan tanggung jawab fungsional yang harus diemban antara lain sebagai 1. koordianator Implementasi SIADPA Plus karena PA Masohi menjadi duta PTA Ambon dalam Implementasi Plus Awards, 2. Waka sebagai pejabat yang bertanggung jawab dalam melakukan pengawasan dan pembinaan, 3. Waka sebagai Ketua Baperjakat.
Acara diakhiri dengan ucapan selamat dari semua undangan yang hadir kepada Waka PA Masohi yang baru dilantik dan isteri yang mendampingi beliau. Semoga Pak Waka dapat memberikan kontribusi terbaik kepada PA Masohi dalam mewujudkan Peradilan Agama yang Agung. (Rosita Pelu/ Tim TI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar