Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. ----Selamat datang di Blog resmi Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Cabang Masohi.,

Kamis, 01 Maret 2012

Hatta Ali Menjabat Ketua MA Hingga 2017

 


Mahkamah Agung kini memiliki ketua baru, Hatta Ali. Dia akan memimpin pengadilan tertinggi di Indonesia itu hingga 2017.

"Masa jabatan sesuai undang-undang adalah lima tahun, setelahnya bisa dipilih kembali bisa juga tidak," kata Hatta Ali di Gedung MA, Jakarta, Rabu 8 Februari 2012.
Hatta Ali enggan berkomentar mengenai kemungkinan dirinya maju kembali hingga pensiun pada 2020. "Usia pensiun Hakim Agung adalah 70 tahun. Ini saja belum bekerja, kok sudah memikirkan terlalu jauh," ujarnya.

Mengenai lowongnya posisi Ketua Muda Pengawasan yang ditinggalkan Hatta Ali, mantan Ketua MA Harifin Andi Tumpa, menjelaskan hal itu tergantung Hatta Ali. "Jabatan itu nanti akan diisi, ini merupakan tugas dari Pak Hatta Ali ke depan," ujarnya.

Hatta Ali terpilih menjadi Ketua MA setelah meraih dukungan 28 suara Hakim Agung. Dia menyisihkan saingan kuatnya, Ahmad Kamil yang meraih 15 dukungan. Selain itu, Hatta Ali juga menyingkirkan calon lainnya yakni Wakil Ketua MA bidang Yudisial Abdul Kadir Mappong (4 suara), Ketua Muda Perdata Khusus Mohammad Saleh (3 suara), dan Ketua Muda Tata Usaha Negara Paulus Effendi Lotulung (1 suara). Dalam pemilihan ini ada 3 kartu suara tidak sah.

Dikutip dari :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar